PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

Toko Kain Murah Jababeka akan membahas tenteng proses fiksasi warna reaktif printing. Tujuannya menjelaskan bahwa kain tidak akan luntur bila hasil fiksasi sesuai aturan. Warna hasil printing akan solid dan tajam.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING
Mesin Steamer Beifa

Fiksasi yang akan di bahas disini proses rotary screen printing warna reaktif di kain katun dan kain rayon. Proses fiksasi warna reaktif menggunakan mesin Steamer. Banyak merk mesin steamer untuk proses fiksasi beberapa diantaranya adalah Mesin Steamer Arioli, Ichikin, Stork, Beifa Fast Development.

I. ZAT WARNA REAKTIF

Untuk pencelupan dan printing bisa menggunakan Zat warna reaktif. Berdasarkan cara pemakaian zat warna reaktif dapat digolongkan menjadi dua, yaitu: reaktif dingin dan reaktif panas.

Warna reaktif merupakan zat organik yang mempunyai intensitas warna yang tinggi yang digunakan pewarna tekstil dan benang. Zat warna reaktif lebih baik karena mempunyai sifat tahan luntur (fastness),fiksasi dan ekonomis.

Pewarna reaktif memiliki sifat tahan luntur yang baik karena ikatan kovalen yang terjadi selama pewarnaan. Pewarna reaktif paling sering digunakan dalam pewarnaan selulosa seperti kapas atau atau viscose.

Printing kain katun berbahan kapas dan rayon berbahan viscose dengan zat warna reaktif banyak digunakan. Banyak pilihan warna juga dapat dikerjakan dengan kondisi yang sederhana. Dengan ukuran molekul yang kecil dan mudah larut di dalam air.

Maka zat warna reaktif memiliki kemampuan cepat berdifusi ke dalam serat. Hasil printing solid dan kecarahannya baik. Juga Zat warna reaktif dapat menggadakan reaksi dengan serat selulosa kapas dan rayon membentuk ikatan kovalen sehingga ketahanan lunturnya sangat baik.

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi akibat pemakaian pasangan elektron secara bersama-sama oleh dua atom (James E. Brady, 1990). Ikatan kovalen terbentuk di antara dua atom yang sama-sama ingin menangkap elektron (sesama atom bukan logam).

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

II. PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF STEAMING.

Proses ini bertujuan untuk mengikatkan zat warna dengan kain, sehingga hasil pencapan kita memiliki ketahanan luntur yang baik. Atau dengan kata lain tidak mudah luntur pada saat pencucian.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING
Bagian Pliter

Ada beberapa cara fiksasi, seperti : steaming, disperse, curing. Kusus kain katun dan kain rayon printing reaktif, fiksasi dengan cara steaming 102 ⁰C selama 8-10 menit. Untuk proses printing pigmen cukup dengan temperatur 160 ⁰C selama 5-6 menit tanpan memakai uap. Fiksasi printing disperse menggunakan thermal oil + uap temperatur 175-185 ⁰C.

Proses fiksasi menggunnakan mesin Steamer Biefa Fast Development. Mesin steamer ini bisa 3 proses. 1. Proses fiksasi kain katun dan kain rayon warna reaktif. 2. Proses fiksasi kain TC, CVC, Poly micro, Katun Modal dll printing dyestuff pigmen. 3. Proses fiksasi kain polyester printing disperse,

  1. STANDARD PROSES FIKSASI STEAMING ZAT WARNA REAKTIF

Proses fiksasi kain katun dan rayon printing reaktif menggunakan uap jenuh. Temperatur yang digunakan 102-105 C. Namun harus dipertahankan di 102 C dengan kelembaban 95%. Untuk proses reaktif dibutuhkan waktu 8-10 menit di dalam ruang Steamer. Jumlah uap yang di butuhkan 900-1200 Kg/jam.

Ketentuan tersebut adalah ketentuan fiksasi zat warna jenis ini bisa reaksi sempurna menyatu masuk ke dalam serat kain katun dan kain rayon. Zat warna yang menyatu dengan serat kain menjadi permanen sehingga menghasilkan warna yang kemilau dan solid. Hasil printing reaktif ini tidak akan luntur setelah di cuci dengan sempurna.

     2. EFEK PROSES FIKSASI STEAMING TIDAK SESUAI STANDARD

Bila proses steamer menggunakan temperatur di bawah 102 ⁰C akan terjadi tetesan air. Tetesan jatuh di kain yang di fiksasi tapi belum terfiksasi maka hasil printingan yang kena tetesan warna pecah/pudar. Kalau jumlah uap kurang dari standard mesin steamer yang dianjurkan maka proses fiksasi, zat warnanya tidak menyatu ke serat kain semua, sehingga ketika di cuci banyak lunturnya.

Bila waktu proses fiksasi didalam steamer kurang dari 8 menit maka warna akan lebih muda karena tidak semua zat warna sempat masuk menyatu dengan serat kain. Sehingga pada waktu pencucian banyak lunturannya. Biaya proses jadi mahal baik pemakaian dyestuff maupun biaya pencucian.

Bila waktu fiksasi dan jumlah uap tidak cukup juga kelembabanya kurang maka kain hasil printing akan luntur terus. Meski di cuci berkali-kali tetap luntur terus.

  3. WASHING AFTER PRINTING DARI PROSES FIKSASI STEAMING

Proses cuci setelah fiksasi berpengaruh sekali dengan kualitas printing yang menggunakan zat warna reaktif. Fiksasi menggunakan mesin steamer dan hasilya sempurna, bila tidak diimbangai dengan cucian dan tidak bisa menghilangkan sisa zat pembantu printing seperti aljinat dan zat warna yang tidak terfiksasi dengan serat warna. Maka kain hasil printingan masih bisa luntur tetapi tidak terus menerus. Bisa disebut hasil cucian kurang bersih.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING
Washing after printing Machine proses kain rayon viscose doble layer

Cucian menggunakan sabun sangat penting karena bisa menghilagkan kotoran yang tidak terfiksasi dengan serat kain. Sehinggan lunturan zat warna sudah tidak ada lagi. Dan warna yang menyatu dengan serat kain menjadi permanen.

Baca juga :

Washing Machine after Printing LMH 634

Toko Kain Murah Jababeka akan menjelaskan cara kerja mesin Steamer Long Loop Steamer BF 1899-400 Beifa. Type Inteligent Energy-saving long Loop Steamer

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

III. MESIN STEAMER UNTUK PROSES FIKSASI

SPESIFIKASI LONG LOOP STEAMER BF 1899-400 TYPE INTELIGENT ENERGY-SAVING LONG LOOP STEAMER

Mesin Steamer ini cocok untuk pengukusan dan fiksasi setelah printing pigment, Disperse dan Reaktif. Untuk kain Katun, rayon, polyester dll. Cocok berbagai berat bahan sekitar 50-450 gram / meter. Mesin ia hanya cocok untuk printing Reaktif, dispersi, pigmen bukan untuk proses fiksasi kain Dyeing.

 

APPLICTIONS PILIHAN PROSES REAKTIF

Fiber Dyestuff Steaming Temperatur Treatmen
Cotton Reaktif VAT Indanthrene Saturate 101 °C – 105° C 10 – 12 menit
Pigment Hot Air 160 °C 5 – 6 menit
Viscose Reactit VAT indanthrene Saturated 102 °C – 105 °C 10 – 12 menit
Polyester Disperse Superheated 175°C – 185 °C 10 –12 menit
Silk / wool Acid Saturated 102 °C – 105 °C 15 – 30 menit
Acetat Disperse Saturated 102 °C – 105 °C 20 menit

 

TECHNICAL DATA UNTUK PROSES FIKSSI WARNA REAKTIF

Working Width mm 3800
Mechanical Width mm 4000
Fixation Time Minit 5 – 40 ?
Loop Length mm 1250- 2500
Super heating Capacity Kw
Number of cones
Cloth Capacity m 420
The gram weight range of the fabricis G / m2 50 – 450
Minimin Steam Pressure Mpa 0.3
Precision of temperatur control inside Steamer °C =< +/- 1
Mechanical Speed m / minit 10 – 60
Average Steam Comsumtion Kg / h 800 – 1200
Total Steam Comsumtion Reactive Printing Kg / h 900
Total Steam Consumtion Disperse Printing Kg / h 200
Heat Comsumption Of Thermal Oil Reactive Printing Kcal / h 0
Heat Comsumption of Thermal Oil Disperse Printing Kcal / h 200.000
Steaming time Reactive Printing Minit 8 – 15
Steaming Time Disperse Printing Minit 6 – 8
1 Hour Production  ( 4fabric ) Reaktive Printing m 10.000
1 Hour Production  ( 4 fabric ) Disperse Printing m 14.000
Heating-uptime ( fromc old state to the Production Status ) minit 40
Precondition: the oil temperature from thermal oil to steamer enter °C >= 240
Electrical Instalatiom Kw 45.2

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

IV. LONG LOOP STEAMER BF 1899-400

TYPE INTELIGENT ENERGY-SAVING LONG LOOP STEAMER

Terdiri dari beberapa bagian menurut fungsi masing-masing. Dibawah ini Toko Kain Murah Jababeka akan menjelas disetiap bagian tersebut.

  1. Proses:
    1. Infeed
    2. Ruang Steamer
    3. Plaiter
  2. Steam
  3. Thermal Oil
  4. water
  5. Air

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

  1. KETERANGAN PROSES DAN FUNGSI SETIAP BAGIAN LONG LOOP STEAMER

    1. INFEED

Kain katun dan kain rayon dari proses printing reaktif di lori, masuk lewat infeed. Kain di tarik oleh 2 buah rol. Rol pertama menarik dari lori ke area dalam steamer. Rol kedua dengan diameter yang sama mengoper ke ruang steamer dengan panjang 1250 – 2500 mm dengan di dorong oleh uap bercampur angin bertekanan dari kompresor.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING
Infeed

Uap + angin penghembus kain agar turun, uap tersebut tidak mengandung tetesan air karena kandungan air di dalam uap ditampung di bawah tabung dan di keluarkan oleh steamtrap secara automatis. Uap yang masuk uap berembun halus sehingga tidak merusak warna yang belum terfiksasi.

Kain masuk kedalam steamer bisa 4 layar dengan ukuran lebar kain 150 Cm. Kecepatan kain bisa 60 m/menit karena kapasitas kain dalam 1 layer sepanjang 420 m dengan waktu 7 menit di dalam ruang steamer. Tapi untuk menghasilkan fiksasi yang baik di butuhkan 8 menit kecepatan 52 menit panjang looper 2400 mm. PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

    b. RUANG STEAMER

Kain yang masuk kedalam rauangan steamer melalui infeed menggunakan rol penari kan rol pengumpan. Kain masuk berjalan kontinyu didorong turun menggunakan uap langsung yang di campur dengan angin kompesor. Kain yang turun akan di kait oleh rol pembawa kain setiap panjang 2400 mm ( tergantung setingannya ). Kain menggantung di dalam steamer dan di beri uap saturasi langsung secara merata keseluruh ruangan.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING

Gantungan kain kira-kira 175 rol yang bergerak perputar. Putaran rol bertujuan kain di bagian bawah bergerak keatas pada waktu sampai ujung mesin. Sehingga jumlah uap dan panas merata keseluruh kain. Dengan demikian fiksasinya merata dan sama.

Uap di dalam ruangan 102  C dengan kelembaban 95%. Sepanjang mesin terpasang 10 temperatur control dengan pembagian kanan 5 buah dan kiri 5 buah. Bagian roop juga di pasang sensor temperatur. Fungsinya untuk melihat suhu di roop. Bila kuarang dari 100 C tentu uap di dalam ruangan bagian atas akan mencair. Air tersebut bila menetes ke kain akan merusak warna printing, menjadi pudar.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING
Loop di dalan Steamer

Kain berjalan terus menggantung dan berputar mengikuti putaran rol sampai di ujung mesin. Didalam mesin steamer 8 menit ( tergantung setingannya ) dan keluar. Bila kecepatan kain di dalam steamer dan kain keluar tidak sama / lebih cepat maka kain akan tersensor.

Dan sensor itu akan memerintahkan inverter menggerakan motor penarik kain keluar dan motor plaiter berputar lebih cepat 30%. Setelah sensor tidak menengenai lagi kecepatan akan normal kembali. Bisa erjadi namun jaraknya cukup lama.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

     c. PLAITER

Pada bagian ini ada rol penarik dari gantungan kain di dalam steamer keluar. Kemudian kain ini di tarik lagi oleh motor plaiter untuk di keluarkan dan ditampung oleh palet atau lori.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING
Plaiter 4 layer

Keluaran kain dai pliter juga bisa 4 layar dan terpisah menjadi 4 palit / lori. Keluar dari mesin steamer kain di dinginkan dengan kipas pendingin seperti kipas AC. Kain hasil proses steamer harus lembab menandakan proses steaming baik.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

KESIMPULAN PROSES FIKSASI MENGGUNAKAN MESIN STEAMER LONG LOOP STEAMER BF 1899-400

Proses fiksasi zat warna reaktif butuh seting temperatur 102 C dan kelembaban 95% dengan jumlah pemakaian uap langsung 900-1200 Kg / jam. Waktu reaksi fiksasi yang cukup antara 8-10 menit didalam ruangan. Zat warna yang di printing reaktif di kain katun ataupu kain rayon akan mengikat reaksi dengan serat maka warna di kain tidak luntur setelah di cuci sabun.

Ketahanan warna terhadap gosokan baik kering maupun basah jadi kuat. Setelah proses fiksasi, pencucian juga sangat penting. Cuci after printing harus bisa melepas zat bantu dan zat warna yang tidak terfiksasi dengan kain sehingga kain tidak akan luntur lagi ketika digunakan.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

  1. STEAM KEBUTUHAN UTAMA UNTUK PROSES FIKSASI WARNA

Uap dari Steam Boiler untuk proses reaktif sampai ke mesin steamer minimal 0.3 Mpa dan rata-rata 900-1200Kg / jam. Pemakaian uap terbagi jadi 2 inpuk kemesin.

    1. Uap tidak langsung

Dari Steam boiler uap tidak langsung masuk ke header terlebih dahulu. Header di berikan saluran steam trap. Supaya uap yang menjadi air, langsung dikeluarkan. Tujuannya uap air tidak kebawa salauran bagian ini

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564
Header Uap tidak lansung

Jalur pipa header terdiri dari: Uap masuk, Steam trap, Safety valve, Roop, uap lansung kusus pendorong looper di dalam steamer, kain masuk dan keluar

      • Jalur steam roop.

Untuk pemanasi bagian dalam steamer diding atas agar uap yang menyetuh lansung mongering dan tidak ada tetesas air dari uap.

Tetesan air uap ini bila menetes ke kain bermotif, terutama bagian awal masuk, warna akan pecah dan jadj cacat motif.

Ujung dari lalur roop juga dipasang steam trap dan pipa by pass. Kran by pass dibuka ketika awal pemanasan bagian roop dan uapnya dialirkan ke jalur uap langsung yang menuju ke ruang steamer. Bila sudah mencapai tempetatur diatas 102 kran by pass ditutup kembali.

Kran steam trap harus selalu terbuka, kecuali sa’at service steam trap. Kandungan uap air di pipa roop akan di kelurkan secara automatis lewat steam trap

      • Jalur steam ke kain masuk dan keluar.

Bagian depan kain masuk dan bagian keluar kain juga di beri pemanas. Terutama bagian diding atas dan samping. Agar uap yang masuk bagian ini terkena diding lansung mongering. Tetesan air uap bisa mengenai kain produksi.

Pipa uap pemanas ini juga di lengkapi dengan steam trap dan jalur by pass. Jalur by pass hanya di buka pada saat pertama pemanasan mesin steamer. Setelah panas pipa keluar dank kran by pass di tutup kembali.

Uap yang mencair akan keluar melalui steam trap. Kran steam trap harus selalu terbuka.

      • Jalur steam ke Nozel

Uap ini dipertemukan dengan jalur air tidak bertekanan / tekana rendah. Fungsinya untuk mendinginkan suhu di dalam steamer bila naik samapai di atas 102 C.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING
Nozzel Menjaga Temperatur tetap 102 ⁰C

Temperatur control uap untuk bagian dalam ruangan steamer yang diseting 102 ⁰C . Bila diatas 102 ⁰C akan membuka solenoid valve nozel pendingin. Uap bertekanan akan mengalir melalui nozel dan menarik air yang terhubung ke nozel.

Nozel ini dialiri uapdan air membentuk kabut masuk ke ruang sirkulasi blower di hembuskan keruang steamer. Uap panas di dalan steamer di sirkulasi terus menerus.

      • Jalur uap ke pendorong kain input di ruang steamer

Jalur uap ini di beri saluran udara dari kompresor bertekanan  0,65 Mpa. Uap dan angin dari kompresor masuk ke tabung. Tabung ini dilengkapi steamtrap dan kran bypass.

Dari tabung di arahkan ke jalur pipa bagian infeed iooper. Kain looper di dorong agar turun dan tidak melipat ke rol. Sebelum sampai ke pipa di dalam steamer terlebih dahulu melewati tabung kecil di berikan steam trap dan kran by pass.

Tujuan semua ini agar kandungan air uap tidak terbawa ke dalam ruang steamer yang bisa mengakibatkan tetesan air membuat cacat gambar. Uap hanya berupa kabut halus.

      • Jalur Steam Trap

Kran ini di pasang steam trap dank ran by pass. By pass di buka ketika uap pertama dari Steam Boiler mau dibuka.

Membuka kran uap dari Steamer harus berlahan, karena bila ada kandungan air di dalam header bisa menimbulkan ledakan tekanan akibat pertemuan air dan uap berlebihan.

Dengan berlahan maka kandungan air di dalam header belum mendidih dan di dorong keluar.

      • Jalur Safety Valve

Jalur pengaman bila ada tekanan lebih sesuai batasan yang di berikan maka safety valve ini akan membuka.

      • Pressure Gauge

Pressere gauge untuk melihat tekanan uap masuk ke header.

      • Jalur utama masuk ke header

Uap masuk dari Steam Boiler dan diataur besar tekanan yang masuk ke header ini 0.3 Mpa

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

  b. Uap langsung

Aliran Uap lansung dari Steam Boiler ke mesin Steamer di atur oleh kran. Kran ini mengatur jumlah uap sekitar 900 – 1200 Kg / jam yang masuk ke dalam ruang steamer. Pipa Uap langsung yang masuk kedalam ruang steamer dalam 1 bak ada 3 aliran. Total bai air ada 4 maka jumlah jalur uap langsung yang melelui bak ada 12 jalur uap.

      • Uap Utama langsung.

Jalur uap dari kran utama di bagi lagi ke 12 kran masuk ke 4 bak berisi air. 1 bak dimasukan 3 pipa uap sedikit dibawah permukaan air di dalam bak.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING

Ada 2 pipa didalam 1 pipa yaitu pipa bagian dalam sedikit lebih kecil dari pipa luar dan tiap pipa di beri lubang d 10mm juga bagian pipa luar. Lubang pipa di dalam dan diluar tidak sejajar namun bersilangan.

Dalam 1 bak terdiri dari 3 jalur pipa uap masuk ke bak air dengan ukuran yang sama. Dalam 1 mesin steamer long loop steamer bf 1899-400 terdiri dari 4 bak.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING
Pipa di dalam bak steamer

Ketinggian air bak lebih tinggi sedikit dari pipa uap masuk dan isi air dari tangki penampungan air selevel dengan tinggiair di bak. Bila isi air berkurang karena penguapan maka air akan masuk dengan sendirinya dari tangki air bagian luar ( Steam Generator Intake Tank ).

Air antara 2 pipa hanya tipis sehingga ketika uap langsung masuk ke pipa tidak harus mendidihkan air terlebih dahulu. Uap keluar dari pipa dan mengenai air membuat uap lembab, bukan uap kering.

Dengan demikian uap saturasi dapat di capai dengan kelembaban 95% pada sa’at proses steaming.

Uap dari bawah dan di sirkulasi dengan sirkulasi fan ke seluruh ruangan, sehingga mendapatkan kerataan temperatur dan kelembaban yang sama.

      • Uap langsung dari nozel

Uap ini akan masuk bersama air melalui nozel berbentuk kabut. Nosel untuk menurunkan temperatur uap didalam mesin. Bila temperatur melebihi 102 ⁰C maka valve uap ke nozel membuka dan membawa air dari jalur yang telah ada.

Nozzel uap dan air pendingin
Nozzel uap dan air pendingin

Air yang ke nozel selevel dengan tangki air luar ( Nozzel Intake Tank ) kusus tangki buat nozel. Setelah kembali ke 102 ⁰C valve uap jalur nozel nutup kembali.

      • Uap langsung dari infeed looper

Uap ini di dari header dan di beri tekanan angin dari kompresor menuju ke tabung uap arah ke looper. Tabung dilengkapi dengan steam trap dan kran by pass untuk mengeluarkan uap air.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING

Sebelum dihembuskan ke dalam steamer bagian masuk looper di lewatkan tabung kecil yang juga delengkapi steam trap dan kran by pass. Tujuannya kandungan uap yang masuk dan menghebuskan ke looper, benar-benar tidak ada air yang bisa mempudarkan motif printing.

By pass di buka hanya pertama kali uap masuk dan setelah tidak ada air atau sudah panas maka kran by pass di tutup kembali. Uai air aka di keluarkan secara automatis oleh steam trap.

Diujung jalur uap setelah looper juga di berikan steam trap dan by pass. By pass di buang ke jalur bak air di dalam ruang steamer. By pass juga ditutup setelah jalan produksi. Jalur steam trap bergabung dengan seluruh jalur steam trap.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

  1. THERMAL OIL PEMANAS AWAL AGAR PERSIAPAN PROSES FIKSASI LEBIH CEPAT

Thermal oil di alirkan dari Thermai oil Boiler melalui kran utama. Dari kran utama masuk ke 5 Three way valve menuju heat exchanger. Heat Exchanger yang telah panas di tiup oleh sirkulasi fan ke seluruh ruangan.

Jalur oli panas ke dalam Heat Exchanger

Temperatur dalam ruang steamer menggunakan thermal oil tergantung prosesnya. Proses Disperse atau pigment.

Proses disperse butuh panas ( Superheated ) 175 – 185 ⁰C dan di tambah uap. Pemakaian uap sekitar 200 Kg / jam. Tidak perlu memanasi dengan uap di bagian roop maupun in dan out kain. Kontrol temperatur dari thermal oil menggunakan three way valve. Mesin long loop steamer bf 1899-400 dipasang 5 three way valve dengan 10 heat exchangers.

Proses pigmen butuh panas 160 ⁰C ( Hot Air ) tidak memerlukan uap. Cukup menggunakan panas thermal oil ke heat exchanger. Kemudian panas di sirkulasi menggunakan sirkulasi fan. Butuh waktu 5 – 6 menit saja sudah fiksasi / mempel di permukaan kain, tidak menyatu masuk kedalam serat kain.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

  1. WATER UNTUK MENDAPATKANKELEMBABAN PADA PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF

Kebutuhan air untuk mengisi 4 bak air di dalam steamer menggunakan air soft. Air di tampung ke Steam Genaratoe Tank kemudian disalurkan ke 4 bak air. Bak air ini di lewati uap langsung untuk mendapatkan uap saturasi dengan kelembaban 95%.

Steam Genaratoe Tank dan Nozzel Intake tank

Nozzel Intake tank di masukan air sebatas level secara aotomatis bila sudah samapai level valve akan menutup. Air ini di butuhkan untuk menurunkan temoeratur proses steaming bersama uap.

  1. ANGIN 

Angin dibutuhkan untuk mendorong bersama uap masuk ke ruang infeed looper. Tekanan uap dan angin tergantung dorongan ke kain secukupnya yaitu kain bisa turun dan tidak terlalu besar anginnya.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING

Kebutuhan angin buat bagia plaiter

  1. OLI PELUMAS 

Oli pelumasan mompa secara automatis
Pompa oli pelumas rantai Steamer

Oli pelumas dibutuhkan untuk melumasi rantai dan enkol pembawa rol looper. Oli menfalir diatu 15 menit mengalir dan 30 menit diam. Aliran oli dengan cara dipompa kira-kira … ml/ …

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

V. PROSES FIKSASI MESIN LONG LOOP STEAMER BF 1899-400

TYPE: INTELIGENT ENERGY-SAVING LONG LOOP STEAMER

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING
Gambar Mesin Steamer LONG LOOP STEAMER BF 1899-400

Langkah langkah untuk menghasilkan fiksasi yang sempurna proses kain katun rayon printing warna reaktif. Pastikan kain dari prose spring keadaan kering dan dingin. Disini Toko Kain Murah Jababeka akan menerangkan langkah-langkah proses fiksasi menggunakan LONG LOOP STEAMER BF 1899-400  Type Intrlligent Energy – saving Long Loop Steamer. Bright Color ful From Beifa buatan  Beifa Printing & Dyeing Machinery. PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

PERSIAPAN PROSES FIKSASI 

Siapkan Kain looper dan masukan ke dalam mesin steamer. Kran uap utama tidak langsun dibuka. Semua By pass di buka dan kran menuju ke roop, infeed dan out di buka. Headet set 0,3 Mpa

Tutup semua ruangan steamer dan buka three way valve thermal oil dengan cara seting temperatur di 130 ⁰C. Setelah mencapai 130 ⁰C masukan uap langsung menuju ruangan steamer melalui bak air.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING
Temperatur control steam, Thermal Oil untuk Heating steam

Temperatur rauang didalam steamer set 102 ⁰C. Bila temperatur roop sudah mencapai diatas 102 ⁰C atau pipa di by pass sudah panas, by pass bisa ditutup.

Buka kran uap langsung dengan tekanan di pressure gauge 0,1 Mpa atau aliran uap 900 Kg/Jam. Bila setingan uap ruangan sudah mencapai 102 ⁰C, setingan temperatur control yang ke three way valve di set 0 ⁰C, berarti sudah ditutup.

Sa’at temperatur ruangan 130 ⁰C dari saluran dari thermal oli, setelah di masukan uap langsung maka temperatur ruang akan turun. Kemudian temperatur naik berlahan mencapai 102 ⁰C dan jalur oli di tutup. Kemudian temperatur control thermal oil di matikan.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING
Temperatur control Steamer. Terlihat bila ada nozzel yang mampet

Setelah tempertaur tercapai 102 ⁰C kain looper di jalankan sekitar 3 kali putaran dengantujuan uap air yang menempel di rol tidak ada lagi karena telah terserap oleh kain looper.

Buka kran pendorong kain looper secukupnya agar kain looper bisa turun kebawah, tidak kegulung rol. Setelah tiga putaran dan tidak ada rol yang basah maka Kain produksi siap di masukan.

PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

PROSES FIKSASI KAIN PRINTING WARNA REAKTIF 

Kain yang telah di printing reaktif dan keluar dari dryer kering dan dingin, kain disiapkan ke Mesin steamer untuk proses fiksasi. Kain hasil printing di sambungkan ke looper dua sisi kiri dan kanan.

Seting kecepatan dan panjang loop dan akan menghasilakan lamanya di dalam ruang steamer. Sementara belum bayak jumlah printingan cukup set speed 45 m/menit dan panjang loop 230 Cm waktu 8 menit.

SETING SPEED, WAKTU DAN PANJANG LOOP
SETING SPEED, WAKTU DAN PANJANG LOOP

Bahan produksi di jalankan dan setalah keluar dari mesin pisahkan plaiter. Kalau jalan 4 layer maka di gunakan 2 plaiter. Pastikan jumlah uap yang masuk 900-1200 Kg / jam atau setara tekanan 0,1 Mpa. Dan tekanan Header 0.3 Mpa.

Periksa temperatur roop harus diatas 102 ⁰C . Perhatiak loop pertama masuk tetap terdorong semburan uap langsung dari depan. Dapat terlihat melalui kaca, bila tidak turun atur tekanan uap sampai bisa mendorong dan jangan berlebihan.

Monitor temperatur roop Long Loop Steamer Beifa
Monitor temperatur roop

Pantau ketinggian loop sama dan rata. Bagian akir loop ada sensor untuk menjalankan plaiter dan penarik lebih cepat bila telah melewati batas sensor. Kalau sudah tidak melewati sensor kecepatan penarik dan plaiter berjalan normal mengikuti kecepatan rante.

Lihat temperatur ruang selalu di 102 ⁰C . Pegang hasil steam, harus kondisi sedikit lembab. Setiap Design dan combo test cuci tangan dan keringkan. Cek warna hasil steam, sesuai atau tidak dengan contoh dari Pelanggan.

Kain katun dan rayon hasil steam yang sudah sesuai maka kain printing warna reaktif layak untuk proses cuci.

 

Baca juga:

Grosir Kain Katun dan Rayon Di Jababeka

 

Toko Kain Murah Jababeka adalah jual offline dan online distributor kain katun dan rayon motif termurah. Toko Kain Murah Jababeka Beralamat di Jln. Kancil 1 B 42 Cikarang Baru, Kel. Sertajaya, Kec. Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Sugeng 0812 9434 564

4 thoughts on “PROSES FIKSASI WARNA REAKTIF DI KAIN RAYON PRINTING 0812 9434 564

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *